Benarkah Kurma Berbuah di Indonesia?

Pohon kurma berbuah di Indonesia sebenarnya sudah banyak dan merata di berbagai kota dan propinsi. Kurangnya edukasi cara budidaya kurma di Indonesia menyebabkan masih banyak yang beranggapan bahwa kurma tidak bisa berbuah di Indonesia yang beriklim tropis.

Sebanyak-banyaknya yang berbuah, memang belum ada yang skala kebun kurma di Indonesia yang sudah rutin berproduksi. Beberapa rintisan kebun pertama ada di JonggolFarm Bogor dan Kebun kurma lembah barbatae Aceh, kebun itu dirintis sekitar tahun 2012.

Banyak petani kurma masih harus belajar banyak karakteristik pohon kurma dan iklim tropis. Makanya tak heran banyak yang mencari bibit kurma tropis. Bagi mereka yang awam, istilah kurma tropis terdengar asing bukan? Termasuk kurma muda dengan manfaatnya yang luar biasa.

Sebutan kurma tropis sendiri dinisbatkan kepada kurma yang cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Ngerti khan sampe sini? Bisa tumbuh, berbuah, dan tidak menunggu terlalu lama berbuahnya. Untuk itu, perlu Anda kenali jenis-jenis kurma yang cocok untuk daerah tropis. Agar anda tidak salah pilih atau asal pilih di nursery yang jual bibit kurma tropis.

Sebelum booming kurma Indonesia tahun 2017, pohon kurma yang tumbuh baik sengaja atau tidak, biasanya dari jenis Ajwa, deglet nur, khalas, atau zaglul. Bibit kurma ajwa bisa tumbuh subur di Indonesia, terbukti sudah banyak yang tumbuh subur bahkan lebat daunnya. Beberapa bibit kurma ajwa yang pernah penulis temui mulai berbuah ketika batang sudah tinggi, umur sekitar belasan atau bahkan 20 tahun. 

Pengamatan tadi ada kesesuaian dengan pernyataan Abdul Jamal dari Linah Farm Mesir yang pernah jadi keynote speaker sebuah workshop berkebun kurma di Indonesia.. Beliau mengatakan bahwa pohon kurma ajwa dan kurma medjol kurang cocok dibudidayakan di Indonesia. Perlu suhu tinggi untuk masak di pohon dan kelembaban +/- 50% sementara di Indonesia kelembaban +/-75%.

Pohon Kurma Berbuah di Indonesia

Sudah banyak pohon kurma berbuah di Indonesia. Ini salah satunya. Berlokasi di kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang. Usia pohon sekitar 10tahun. Berdasarkan pengakuan pemilik pohon, fase rutob berwarna merah, sudah berbuah sejak 2013. Dari fisiknya, boleh jadi kurma berjenis Zaglul.
kurma berbuah di indonesia

Pohon di atas potensial berbuah lebat, ada sekitar 10 tandan. Dengan perawatan optimal, semoga tahun depan berbuah lebih bagus.

Bagi yang muslim, sebaiknya sering-sering baca QS. Ibrahim ayat 25 agar tambah yakin bahwa memang kurma layak di budidayakan di Indonesia.

تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا ۗ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat

Mau diskusi seputar bibit, buah, dan bikin kebun kurma bisa kontak 
0878 8179 3730





Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates: