Mencari Bibit Kurma Harga dan Jenis Terbaik

Kurma yang memiliki nama latin Phoenix Dactylifera semakin popular di Indonesia. Pohon kurma di Indonesia semakin banyak, baik yang rumahan atau skala perkebunan kurma. Bisa dibilang, Indonesia sedang mempersiapkan diri sebagai eksportir kurma. Atau justru akan mengkhususkan ekspor kurma muda.

bibit kurma ajwa
Bibit Kurma dari Biji
Jenis kurma yang populer diantaranya kurma ajwa yang bernama lain kurma nabi, biasanya sering menjadi oleh-oleh mereka yang pulang dari haji atau umroh. Kurma medjool, terkenal karena ukurannya yang besar dibanding rata-rata kurma kering di Indonesia. Kurma lain yang banyak di pasaran namun orang kurang ngeh dengan jenisnya antara lain deglet nur, sukari, khalas, khenaizi, mozafati, naghal, zaglul, dan siwa.

Tahukah anda bahwa pohon kurma sudah tersebar ke berbagai Negara? Kini tidak endemic di Negara timur tengah saja. Sebut saja Inggris, Namibia, Thailand, India, Malaysia, Vietnam, Australia, Peru, Amerika, dan Indonesia. Adapun Indonesia tergolong baru saja mengenal budidaya pohon kurma secara masal berupa perkebunan kurma. Praktis, Indonesia saat ini masih net importir kurma baik kurma kering atau kurma muda kuning/merah/hijau.

Memilih Bibit Kurma

Bibit kurma bisa diperoleh dari tiga macam cara. Pertama dari biji. Kedua, dari anakan/tunas/offshoot. Dan ketiga, dari kultur jaringan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. TInggal anda menyesuaikan dengan kondisi.
jual sunu kurma barhi
Offshoot/Tunas/Sunu Kurma Barhi
Bibit kurma dari biji sering disebut juga kurji. Cara ini paling mudah dan paling murah. 1kg kurma yang kita makan bisa dibenihkan semua setidaknya dapat 100 buah bibit kurma. Namun, masih tanda Tanya apakah nanti akan jadi pohon betina atau jantan. Melihat ciri fisik, setidaknya menunggu usia 2tahun baru bisa menebak dengan akurasi 95% jantan atau betina. Ada jasa lab untuk mendeteksi kurma jantan/betina dan tentunya ada biaya lagi. Kelebihannya lebih tahan dengan cuaca ekstrim. Setiap pohon yang tumbuh dari biji, buah yang dihasilkan akan menjadi varietas kurma baru.

Offshoot/tunas/anakan/sunu adalah bibit kurma yang tumbuh dari indukannya seperti pohon pisang. Satu indukan bisa keluar tunas hingga belasan. Jika sebuah pohon kurma di Indonesia sudah muncul tunas maka ketika tunas berumur minimal 2tahun harus dipotong agar tidak mengganggu perkembangan induknya.

Offshoot pohon kurma berjenis sama dengan induk, jika induk betina maka tunas betina, dan jika induknya jantan maka anakan juga jantan. Jika tunas sudah berumur 5tahun, segera cangkok dan pisahkan dari indukan. Bibit kurma offshoot macam ini memiliki dua keuntungan. Pertama, jenisnya sudah ketahuan. Kedua, jika sudah berumur 5th maka sudah saatnya berbuah. Dengan perawatab teratur diharapkan sudah bisa produktif.

Bibit Kurma Kultur Jaringan (kuljar) atau Tissue Culture. Pada prinsipnya, metode ini seperti cloning. Mengambil bagian pohon dari indukan unggul, biasanya dari daun karena satu daun bisa dikembangkan jadi banyak. Kelebihan bibit kurma kuljar adalah sudah tahu jantan/betina sejak awal karena bibit TC menyesuaikan induknya. Kelebihan kedua, kualitas buah akan sama dengan induknya. Kekurangannya, tidak mudah memperoleh bibit kurma kuljar karena tidak banyak yang mengembangkan dan harganya relative mahal.

Dari ketiga jenis bibit pohon kurma di Indonesia ini, silakan pilih yang sesuai dengan selera dan kantong Anda. KurmaLand siap menjadi mitra dalam mencari bibit budidaya kurma.

Jenis Kurma yang Cocok di Indonesia

Pada dasarnya pohon kurma bisa tumbuh subur di Indonesia, ini sudah banyak buktinya dan tersebar di semua propinsi. Allah MahaAdil tidak menjadikan kurma tidak hanya tumbuh dan berbuah di Negara timur tengah saja.

Kapan pohon kurma di Indonesia mulai berbuah? Inilah pertanyaan menariknya. Secara teori, pohon kurma akan berbunga pertama kali saat usia +/- 5tahun, ada yang kurang atau lebih dari itu. Selain perawatan, jenis kurma juga berpengaruh. Beberapa jenis yang pernah penulis temui pohon kurma berbuah di Indonesia usia sekitar 5tahun jenisnya deglet nur, zaglul dan khalas. Adapun kurma ajwa, penulis pernah menemui berbuah di Indonesia saat pohon sudah setinggi rumah, usia sekitar 15 tahun.
bibit kurma barhi kultur jaringan

Selain soal jenis kurma, rasa dan fase juga menjadi pertimbangan. Menurut penuturan Abdul Jawwad dari LinahFarm Mesir, kurma Ajwa dan Kurma Medjool kurang cocok dibudidayakan di Indonesia karena beriklim tropis dan humidity/kelembaban udata +/- 75%. Adalagi, agar bisa masak di pohon, ajwa dan medjool perlu suhu tinggi sekitar 45 derajat C. Pada fase Rutob/kurma muda, Ajwa dan medjool belum terasa manis, cocoknya untuk pasutri yang sedang menjalani program hamil.

Jenis bibit kurma yang cocok dibudidayakan di Indonesia, masih menurut Abdul Jawwad, adalah Barhi, Deglet Nur, dan Khenaizi. Rutob Kurma Barhi berwarna kuning dan manis rasanya sehingga lezat untuk dinikmati begitu saja layaknya makan apel. Saat ini, kurma muda kuning yang diimpor ke Indonesia berasal dari Namibia, India, Arab, dan Thailand rata-rata jenis Barhi karena sudah manis.
Bibit Kurma yang Cocok untuk Perkebunan di Indonesia

Thailand hari ini terkenal dengan budidaya kurma Barhi kuljar dan KL1 tak lepas dari pengalaman pahit di masa lalu. Praktisi kurma di Thailand memulai budidaya kurma biji sejak sekitar tahun 2003. Dari sekian banyak yang tumbuh, hanya sebagian kecil saja yang jadi betina. Selepas itu, baru sekitar tahun 2010 mereka membudidayakan bibit kurma tissue culture untuk menjamin hasil dan menjaga kualitas buah.

Abdul Jawwad pun mengatakan bahwa semua perkebunan kurma di Timur Tengah menggunakan bibit kurma dari tunas dan/atau kultur jaringan. Sementara yang dari biji (kurji) biasanya hanya untuk pagar, penghias taman, atau penghijauan saja.

Mengkombinasikan beberapa praktek dan saran praktisi di atas, jika Anda ingin membuat kebun kurma maka pilihan yang ideal adalah memilih bibit pohon kurma dari Kultur Jaringan dan/atau Tunas.

Jika masih bingung atau ragu-ragu, Anda bisa hubungi 0878 8179 3730 untuk memilih jenis bibit kurma yang paling cocok.



Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates: