Bibit Kurma Tropis Asli Indonesia

Kurma tropis semakin banyak dibicarakan oleh pecinta kurma di Indonesia sejak akhir 2015 diulas oleh majalah pertanian Trubus. Apalagi yang dijadikan studi kasus adalah negara tetangga Thailand yang maju perkembangan buahnya. Tentu hal itu tak lepas dari peran berbagai pihak terkait. 

Thailand berhasil mengembangkan kurma tropis KL1 yang diambil dari nama penemunya Mr.Kolak. Kurma KL1 adalah hasil pengembangan dari kurma Barhi betina disilangkan dengan kurma jantan jenis Deglet Nur atau sering disebut kurma tangkai atau kurma tunis. Meski aslinya Deglet Nur banyak di budidayakan di Aljazair, Negara tetangga Tunisia. 

 Pohon Kurma  di Masjid Agung AlBarkah Bekasi
(foto: dok Antara)

Sebelum banyak menanam bibit kurma kultur jaringan (kuljar) Barhi, petani kurma Thailand juga banyak memulai dengan kurma dari biji (kurji). Alasan ekonomis tentu yang menjadi pertimbangan utamanya. Tahukah anda, setelah berhasil mengembangkan KL1 dan H1 mereka semangat lagi menanam dan menjual biji kurmanya? Sementara sifat alamiah bibit kurma biji adalah aka nada penyimpangan dari induknya. Meski tetap masih membawa beberapa sifat indukannya. 

Selain Mr.Kolak, medio 2018 mulai booming juga kurma tropis Thailand jenis baru yaitu H1 yang dikembangkan oleh Mr.Heng. Bibit kurma H1 merupakan hasi persilangan dari KL1 dengan kurma jenis lain. Bagi pecinta kurma, tak ada salahnya mencoba juga menanam kurma jenis H1 ini. Bisa dibandingkan perkembangan dan hasilnya dengan kurma lain. 

Kurma Tropis Asli Indonesia 

Belum banyak yang tahu jika beberapa tempat di Indonesia telah memulai riset pengembangan kurma tropis Indonesia baik dari bibit kuljar, kurji, hingga anakan/offshoot. Kurji yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir diantaranya yang dibudidayakan di Masjid AnNur Pekanbaru dan Masjid Agung AlBarkah Bekasi. 

Masjid AnNur Pekanbaru bekerjasama dengan Indonesia Date Palm Association (IDPA) Riau. Salah satu yang ditanam adalah jenis Deglet Nur sejak 2015 dan di tahun 2018 sudah menunjukkan awal yang bagus. Dilaporkan muncul beberapa tandan di satu pohon berumur sekitar 4tahun sejak tanam. Di tahun 2018 ini sudah 2x dipanen dengan menghadirkan dai kondang Ustadz Abdus Shomad. 

Satu lagi kurma tropis Indonesia yang dikembangkan di area masjid adalah di Masjid Agung AlBarkah. Menurut informasi DKM, pohon kurma ditanam di pelataran masjid saat peresmian masjid tersebut sektiar tahun 2005. Saat itu pohon sudah relatif besar. 

Setelah tahu ada pohon kurma betinanya, DKM masjid AlBarkah menggandeng IDPA Bekasi untuk mengoptimalkan hasilnya. Pohon tersebut mulai berbuah sekitar tahun 2015, muncul alami tanpa perawatan beberap tandan saja. Dengan rasa buah belum bisa dibilang enak dan kurma muda berwarna merah tua. 

Dengan pupuk khusus dan perawatan intensif, muncul banyak tandan begitu pula buahnya. Panen ketiga tahun 2018 pohon kurma mampu menghasilkan 30an tandan buah kurma. Satu tandan bobotnya sekitar 30an kg. Masyaallah…. Satu pohon menghasilkan hampir 1ton. 


Dari setiap panen itu, buah kurmanya ada yang di lelang untuk masjid adapula yang disemai bijinya. Itulah yang kini disebut kurma BA1, bibit kurma tropis asli Indonesia. Saat ini ada ratusan bibit kurma dalam planterbag berbagai ukuran. Tersedia tiga generasi semaian, yaitu 2016, 2017, dan 2018. 

Satu diantara sekian banyak bibit kurma tropis asli Indonesia tersebut, telah ditanam di pelataran masjid menggantikan pohon sawit. Siapa yang menyangka, di usianya yang belum genap 3tahun sudah berbunga dan betina. Masyaallah…. Hanya masalah waktu agar pohon tersebut berbuah lebat seperti induknya. 

Cocok dengan Iklim Indonesia 

Pegiat kurma menilai sebuah bibit kurma bagus untuk dikembangkan jika memiliki beberapa ciri diantaranya genjah/cepat berbuah, aklimatisasi, dan banyaknya bunga/buah kurma yang dihasilkan. Bibit Kurma Tropis BA1 praktis memiliki itu semua dan sudah mutasi menyesuaikan iklim Indonesia khususnya di bekasi. 

Kabar baiknya lagi, DKM Masjid Agung AlBarkah mempersilakan jika ada masyarakat yang ingin turut serta membudidayakan bibit kurma tropis asli Indonesia ini. Maju terus petani kurma Indonesia.

Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bibit Kurma Tropis Asli Indonesia"

Post a Comment