Mengenal Jenis Bibit Kurma Tropis di Indonesia

Istilah kurma tropis booming semenjak sebuah majalah pertanian membuat tajuk dan edisi khusus membahas Kurma Tropis dengan studi kasus kebun kurma di Thailand. Tahukah anda bibit kurma topis yang seperti apa?

Thailand terkenal dengan aneka pengembangan buah, kurma berbuah di negara tropis tak luput dari penelitian mereka. Sebut saja Kurma kultivar kurma KL1 dan kurma H1. Kurma jenis KL1 lebih dulu populer daripada H1. Itu karena H1 menggunakan indukan dari KL1. Sementara KL1 sendiri berasal dari kurma barhi betina disilangkan dengan kurma Deglet Nur jantan.

Asal mula keduanya diambil dari nama pemilik kebun dan penelitinya. Mirip singkong Stek Mukibat di Indonesia yang dikembangkan oleh Mukibat. KL1 dikembangkan oleh Kolak sedangkan H1 dikembangkan oleh Heng heng.

Banyak yang beranggapan bahwa Kurma Tropis adalah KL1 dan H1. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Karena yang dimaksud majalah tersebut dengan kurma tropis adalah Kurma yang tumbuh dan berbuah di daerah tropis. Di Indonesia juga sudah banyak ditemukan kurma hidup dan berbuah lebat. Namun memang yang berskala kebun belum banyak. Setidaknya kebun kurma tropis Indonesia dimulai sekitar tahun 2012.

Ilustrasi Kurma Berbuah 
Sejak awal 2017 Indonesia dihebohkan dengan berbagai tulisan seputar kurma seperti bibit kurma barhi, bibit kurma kultur jaringan/kuljar, bibit kurma ajwa, bibit kurma Indonesia, bibit kurma Thailand, bibit kurma berbuah, bibit kurma yang baik, jual kavling kurma dan aneka turunan pohon kurma lainya.

Jika Anda baru akan memulai menanam kurma sekarang, belum terlalu terlambat. Salah satunya karena anda nyangkut di tulisan mengenal jenis bibit kurma tropis ini bukan?

Dengan menyederhanakan bibit kurma tropis adalah pohon kurma berbuah di negara tropis seperti Indonesia maka istilah itu bisa untuk kurma apapun yang tumbuh dan berbuah di Indonesia.

Ciri Bibit Kurma Tropis

Beberapa praktisi petani kurma membuat definisi apa itu kurma tropis. Diantaranya adalah soal kegenjahan. Bibit kurma tropis disebut genjah jika mampu berbuah relatif cepat kurang dari 5tahun di negara tropis. Rata2 usia kurma berbuah di timur tengah adalah 5tahun.

Dari pengamatan pegiat kurma, berbagai bibit kurma yang ditanam dari biji menunjukkan kecenderungan tersebut. Ada yang keluar bunga pertama di usia 22bulan, 2.5tahun, dan 3tahun merata dari kurma jenis Ajwa, Barhee, Khalas, Deglet Nur, dan kurma liar yang tidak diketahui jenisnya. 
Temuan ini tidak hanya di satu kota namun tercatat di kota Pekanbaru, Sukoharjo, Bekasi, dan  Majalengka.

Pecinta kurma yang menyukai biji kurma KL1 dan H1 meyakini bahwa pengembangan di Thailand lebih berpeluang untuk berhasil karena sudah mengalami penelitian dan pengembangan di iklim tropis yang basah.

Bagi sebagian pegiat kurma lain, kurma jenis apapun bisa keluar bunga pertama di usia kurang dari 5tahun dengan perawatan optimal. Bahkan menurut penuturan salah satu pegiat kurma di Arab, kurma keluar bunga di usia 2.5tahun pun banyak ditemui.

Masa Kurma Tropis Berbunga

Masa berbunga juga menjadi pertimbangan penelitian. Di timur tengah, pohon kurma umumnya berbuah sekali setahun. Jika pohon kurma tropis Indonesia mampu berbuah lebih dari sekali setahun akan dikatakan bibit kurma tropis unggulan.
kurma berbuah di masjid agung albarkah bekasi


Dari pengamatan di beberapa tempat, ada kecenderungan kesana. Ada pohon kurma betina yang setiap bulan keluar bunga selama setahun. Ada yang munculnya di penghujung tahun dan ada yang di awal tahun.

Abdul Jawwad dari Linahfarm Mesir saat mengisi seminar budidaya kurma memprediksi bahwa kurma berbuah di Indonesia bisa tak kenal waktu. Alias kurma potensial berbuah sepanjang masa seperti kelapa. Wallahu a'lam.


Budidaya Bibit Kurma di Indonesia

Indonesia yang memiliki tanah subur konon bisa untuk semua jenis tanaman.Sebelum membeli bibit kurma tropis unggulan berbuah lebat, ada baiknya kenali dulu jenis kurma yang anda cari. Berikut beberapa jenis bibit kurma Indonesia yang banyak dibudidayakan

1.Kurma Ajwa. Kurma Ajwa atau kurma nabi selalu menjadi jenis kurma favorit. Bentuknya berukuran sedang cenderung bulat. Fase kurma muda (khalal) berwarna merah dan kurma kering (tamr) berwarna hitam.

2 Kurma Deglet Nur. Kurma ini sudah lazim disebut kurma tunisia karena merk yang beredar di pasaran memajang nama Tunis. Meski asalnya ada di aljazair dan Tunisia dan sebagian mayoritasnya dari Algeria. Bentuknya lonjong, biji lonjong. Khalal berwarna kuning dan tamr berwarna coklat.Deglet Nur artinya tembus cahaya. Konon kabarnya saat fase tamr di pohon, bijinya bisa diterawang dari luar.

3.Kurma Barhi. Aslinya dari Iraq dan sudah dikembangkan di berbagai negara seperti Mesir, Arab Saudi, Sudan, Yordania, Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Australia. Tercatat Amerika pertama kali mendatangkan kurma barhi pada 1913.Kurma barhi tercatat yang paling banyak dikonsumsi pada fase khalal atau Ruthob.

4.Kurma Khenaizi. Kurma khenaizi termasuk yang mampu bertahan di daerah beriklim basah. Asalnya dari Uni Emirat Arab. Kurma jenis ini banyak ditemukan tamr nya di bulan Ramadhan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kurma Tropis Indonesia yang masih dikembangkan. Jika Thailand punya KL1 dan H1, sangat mungkin Indonesia mampu mengembangkan jenis lain dengan keunggulan sendiri. Saat ini sudah banyak kurma asli Indonesia yang sudah mulai disemai bijinya. Simak terus Kurmaland untuk mengikuti berita terbaru seputar Kurma di Indonesia.

Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Jenis Bibit Kurma Tropis di Indonesia"

Post a Comment