Tips Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina

Kurma berbuah di Indonesia semakin seru dibicarakan oleh kalangan pegiat kurma. Ada yang dari kalangan petani, hobi, hingga yang sekedar ingin punya bibit pohon kurma.

Tidak seperti pohon lain, pohon kurma ada jantan dan betina atau berumah dua. Hal ini belum banyak yang mengetahuinya. Dan ternyata.... tidak mudah juga mendeteksi jantan/betina sedini mungkin dari ciri fisik.

pohon kurma berbuah di indonesia
Jika anda ingin membudidayakan kurma tropis asli Indonesia tentu mencari kurma betina bukan? meski tetap diperlukan pohon kurma jantan untuk penyerbukan.Kurma betina tanpa kurma jantan, ibarat juliet tanpa romeo.

Sampai saat ini sepertinya pembaca masih penasaran bagaimana cara membedakan pohon kurma jantan dan pohon betinanya. Wajar saja, karena hitungan nilai ekonominya memang potensial. Bahkan ada riwayat yang mengatakan bahwa keluarga yang punya pohon kurma tidak akan kelaparan.

Sederhana saja.... cara paling mudah membedakan kurma jantan dan kurma betina adalah melihat bunganya. Bentuk bunganya berbeda, meski dalam beberapa kasus ditemukan yang hermaprodit. Pohon kurma sempat berganti jenis, misal bunga pertama jantan, bunga kedua betina, atau malah keluar bersamaan keduanya.

Selain bunga, ada beberapa teori fisik yang menunjukkan kecenderungan pohon kurma tumbuh di Indonesia jadi jantan atau betina. Diantaranya teori daun, warna pelepah, bentuk batang, teori dahan, teori tunas, hingga kemunculan bunga.

1. Teori Daun. Pohon kurma yang pelepahnya agak rebah tidak mendongak keatas, umumnya betina.

2. Teori warna pelepah. Kurma betina biasanya pangkal pelepah berwarna abu-abu. Sedang kurma jantan pangkal pelepah berwarna kekuningan.

3. Teori bentuk batang. Ujung batang menyerupai pinggul diperkirakan betina. Dianalogikan dengan manusia karena kurma betina yang produktif bisa menghasilkan belasan hingga puluhan tandan dalam setahun. Harus setrong.

4. Teori dahan. Dahan yang agak membulat cenderang betina. Sedangkan kurma jantan dahan cenderung tajam.

5. Teori Tunas. pohon kurma yang muncul tunas duluan sebelum bunga, potensial jadi betina. Sedangkan jantan sebaliknya. 

6. Teori kemunculan bunga. Bunga yang muncul di bulan agustus hingga desember, rata2 kurma jantan. Sedang kurma betina muncul sekitar Februari-Mei. Namun di Indonesia banyak juga yang tidak berpola demikian.

Baca juga:
  1. Misteri Pohon Kurma Berbuah di Indonesia Terkuak
  2. Mencari Bibit Kurma Terbaik

Itulah beberapa tips menentukan kurma jantan dan betina dari pengamatan fisik. Teori ini belum ada yang 100% benar namun setidaknya mengerucutkan penentuan gender sejak dini. Anda tentu lebih semangat jika biji yang disemai jadi betina bukan? ngaku saja...... ^_^

Barangkali dengan keisengan petani nusantara, akan muncul lagi teori-teori terbaru seputar kurma cepat berbuah di Indonesia dengan mengenali pohon jantan dan betina sejak dini.

Adapun teknik yang sudah diakui kevalidannya dalam menentukan kurma tropis jantan dan betina adalah melalui Perbanyakan kultur jaringan, sunu/anakan/offshoot, dan tes DNA kurma, sebut saja 99,99%. Karena manusia hanya berusaha, Allah SWT yang menentukan. Kurma betina dan kurma jantan keduanya diperlukan dan ada keunggulan masing-masing.

Majulah petani kurma Indonesia

Simak terus info terbaru budidaya kurma Tropis Indonesia di KurmaLand.
Jika perlu pendampingan, kontak saja WA 087881793730
Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina"

Post a Comment