Tes DNA Kurma

Inilah teknik terkini cara membedakan kurma jantan betina, tepatnya dengan tes DNA kurma. Tes DNA sudah lazim digunakan pada manusia untuk penelitian-khusus yang memerlukan ketelitian tingkat tinggi. Pada binatang, salah satunya para penggemar burung, menggunakan uji DNA untuk membedakan kelamin anakan yang baru menetas.

jual bibit kurma
Menentukan jenis kelamin kurma masih menjadi misteri hingga hari ini jika mengandalkan cara visual dari fisiknya. Teknik-teknik terdahulu memang tidak ada yang menggaransi prediksi tepat 100% namun setidaknya bisa untuk menyeleksi bibit-bibit semaian agar banyak betinanya. Sudah lazim, budidaya kurma untuk dipetik buahnya bukan?

Kurma jantan sebetulnya tidak kalah nilai ekonomisnya, namun kembali soal buah, para peneliti selalu tertarik untuk menguji berbagai teori metode mengetahui kurma jantan dan betina sedini mungkin. Andapun pasti senang jika bisa memprediksi kurma sejak dari biji, betul?

Barangkali ada rahasianya hingga kini Allah subhanahu wata’ala masih merahasiakan hal ini. Berbeda dengan tanaman budidaya lain yang sudah lebih mudah menentukan jantan betina sejak awal. Namun demikian tak perlu berkecil hati para pegiat kurma, cukuplah sabda Nabi Muhammad .
إِنْ قَامَتِ السَّاعَةُ وَ فِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيْلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لاَ تَقُوْمَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا
“Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang diantara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat maka hendaklah dia menanamnya.”
(HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi no.2078, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad no. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu’jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari Anas Rodhiyallohu ‘Anhu)


Artikel sebelumnya, kita mengenal teori pola P1 dan P2 untuk memprediksi kurma jantan atau betina. Metode P1 dan P2 memberikan probabilitas betina sekitar 70%. Dengan modal itu, bisa dilakukan tes DNA untuk lebih meyakinkan dan menaikkan probabilitas jantan vs betina. Dengan tes DNA, akurasi prediksinya bisa diatas 80%. Angka ini dari pengujian pohon kurma jantan dan betina yg sudah berbunga atau berbuah.
biaya tes DNA prodia kurma
Ilustasi Tes DNA Kurma

Gambar diatas adalah salah satu contoh pembacaan DNA kurma. Sebagaimana di sebuah jurnal terbitan IJBBD Genetic Diversity Analysis of Date Palm (Phoenix dactylifera L.) Cultivars fromMorocco Using SSR Markers.

Pengujian tes DNA kurma menggunakan salah satu bagian pohon kurma. Bagian paling aman dan bagus adalah sampel dari daun karena jumlahnya banyak dan mudah pengemasannya. Perhatikan hanya menggunakan daun sejati untuk pengujian meski daun lembaran juga bisa. Hal ini mengingat daun sejati jumlahnya lebih banyak.

Daun sampel tes DNA kurma dibungkus dan dijaga kelembabannya agar tidak kering sampai di lab pengujian. pengemasan bisa menggunakan tisu basah atau pelepah pisang.

Tak ada kata terlambat untuk melangkah. Kurma asal biji yang berbunga atau berbuah di usia kurang dari 3tahun sudah banyak contohnya. Dengan perawatan yang tepat, metode tes DNA kurma menjadi salah satu alternatif menaikkan potensi keberhasilan budidaya kurma. Pelajarilah berbagai metode penentuan kurma betina dan jantan.


Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates: