Cara Menanam Pohon Kurma di Rumah dimulai dari Penyemaian

Cara menyemai biji kurma yang benar adalah awal keberhasilan budidaya bibit kurma. Sebelum membibit dalam jumlah besar di kebun, mulailah dulu belajar menyemai kurma di rumah. Setelah yakin menguasai teknik penyemaian biji kurma, barulah anda bisa scale up penyemaian dalam jumlah banyak di lahan.

Banyak orang menyangka cara semai kurma berbeda dengan buah-buahan lain sehingga percuma saja jika tidak berhasil. Sebagian juga menyangkan caranya seperti buah pada umumnya namun masih gagal saat persemaian bibit kurma.

Ternyata, biji kurma memang unik apalagi jika anda berniat membudidayakannya. Simak selengkapnya berikut..

Cara Semai Biji Kurma yang Benar

Beginilah cara semai biji kurma yang siap tanam. Jika dari biji yang dimakan, bersihkan dulu kulit ari dan sisa daging dengan cara merendam air selama +/- 3hari. Gosok-gosok dengan kedua telapak tangan sampai permukaan biji bersih. Selanjutnya bisa dikeringkan disimpan atau langsung semai.
Jika biji sudah SIAP SEMAI, ikuti langkah berikut…
  1. Rendam biji kurma 3-5 hari. Cukup dengan air tanah. Usahakan tidak menggunakan air PDAM karena biasanya mengandung unsur kimia pabrik. Jika tidak ada air sumur, bisa menggunakan air minum kemasan. Lebih bagus jika air setiap hari diganti. Tujuannya agar ada perbaruan oksigen dan mencegah munculnya lumut di permukaan biji kurma.
  2. Siapkan media semai. Ada beberapa pilihan seperti kapas basah, tisu basah, atau cocopeat. Yang paling sederhana dan praktis bisa dengan kapas kecantikan yg dibasahi secukupnya, tidak terlalu kering atau banjir.
  3. Taruh kapas basah di wadah bertutup. Letakkan biji kurma dengan posisi yang ada belahan menghadap ke bawah. Taruh di tempat gelap. Sesekali lihat dan cek kapas. Jika dirasa kering, perciki air untuk menjaga kelembaban. [gambar 1]
    berapa lama pohon kurma berbuah
    Gambar 1: Cara semai kurma dari biji
  4. Rata-rata 7-10 hari mulai muncul kecambah dari titik tumbuh di permukaan yang tidak terbelah. Saat panjang kecambah sekitar 1-2cm segera pindah ke media tanam berikutnya, disarankan menggunakan polybag. [gambar 2]
  5. Siapkan media tanam (metan) dalam polybag berupa tanah, kotoran hewan (kohe) kambing, dan sekam dengan perbandingan tanah : kohe : sekam = 2 : 3 : 3. Jika dirasa sulit mencari, bisa dengan tanah dicampur media tanam yg dijual tukang taman, campur dengan perbandingan 1:1. Tidak disarankan menggunakan metan murni yg di tukang taman karena tidak optimal dalam jangka panjang.
  6. Letakkan kecambah biji kurma di polybag, tanam sekitar kedalaman 1cm dari permukaan dan timbun dengan campuran metan. Jaga kelembabannya. Bisa taruh di teras rumah untuk memudahkan pengawasan. Sekitar 7-21 hari akan muncul bakal tunas, berwarna putih kehijauan, ujung tajam seperti jarum. [gambar 3] 
    cara membedakan kurma jantan dan betina
    Gambar 3: Tunas yang tumbuh perdana
  7. Setelah muncul tunas, sebaiknya letakkan di tempat yang terkena sinar matahari (simat) ful seharian untuk pertumbuhan optimal. Jika kurang simat, biasanya bibit akan kutilang, kurus tinggi langsing dan bonggol tampak kecil. Daun kutilang lebarnya sekitar 1,5cm. Daun bagus lebarnya sekitar 2-4cm. [gambar 4]

    budidaya kurma tropis
    Gambar 4: Contoh daun kutilang dan normal pertumbuhannya
  8. Bulan pertama hingga ketiga biasanya akan tumbuh daun baru berbentuk lembaran, 1 daun tiap bulan. Berikutnya tidak berpola. Awalnya daun berupa lembaran. Kira-kira daun kelima atau keenam mulai muncul daun pecah/ daun sejati. [gambar 5]
    kurma berbuah dalam pot
    Gambar 5: Daun pecah/sejati yang masih pertama keluar, masih menyisakan daun lembaran
  9. Jika sudah muncul daun pecah, pindahkan ke polybag yang lebih besar agar pertumbuhan optimal.
  10. Jika diperlukan, bisa dikasih pupuk NPK 16-16-16 contohnya merk Mutiara, 5butir sebulan sekali. Setelah usia 6 bulan dosis bisa ditambah 1 sendok teh. Saat umur 1th, bisa dipupuk segenggam tangan per 3 bulan.
Jangan lupa berdoa agar pohon kurma tumbuh dengan baik da nada yang menjadi betina. Betina bisa diamil buahnya. Kurma jantan bisa dijual bunganya untuk penyerbukan kurma betina.

Kurma jenis apapun insyaallah bisa disemai, tumbuh, dan berbuah di Indonesia. Soal rasa.. wallahu a'lam karena belum semua kurma dibudidayakan di Indonesia. Oya, barangkali anda pernah mendengar bibit kurma tropis, inilah bibit kurma tropis asli Indonesia.

Semoga berhasil dan barokah karena pohon kurma disebut 21 dalam AlQuran dan merupakan salah satu buah di surga.

Itulah salah satu teknik semai biji kurma agar berhasil berkecambah dan bertunas. Temukan aneka tulisan seputar kurma di www.bibitkurma.com atau bisa menghubungi  WA 087881793730 jika memerlukan panduan penggarapan lahan kurma.


Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Pohon Kurma di Rumah dimulai dari Penyemaian"

Post a Comment