Cara Murah Mencari Bibit Kurma Betina

Kurma sebagai pohon berumah dua memiliki dua jenis kelamin, pohon jantan dan betina. Meski dalam beberapa kejadian langka terdapat yang hermaprodit. Kurma yang yang dibudidayakn untuk diambil buahnya tentu kurma betina. Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa kalopun hermaprodit bisa menghasilkan bunga betina namun hasilnya tidak sebanyak bibit kurma betina asli. Begitulah beberapa misteri kurma berbuah di Indonesia. Mau tau cara murah mencari bibit kurma betina? Simak hingga selesai..

Meski dicari yang betina untuk budidaya buah kurma baik tamr atau kurma muda, tetap membutuhkan kurma jantan meski jumlahnya tak lebih banyak dari pohon kurma betina. Satu pohon kurma jantan bisa untuk peyerbukan/polinasi beberapa pohon kurma betina, dari belasain hingga puluhan, tergantung seberapa banyak polen yang dihasilkan pohon tersebut.

Diperlukan bibit unggul atau pilihan untuk memperoleh hasil panen kurma yang optimal. Seperti tulisan terdahulu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan bibit kurma dari beberapa sumber yang ada. Jika belum tahu sumber bibit kurma, silakan baca MENCARI BIBIT KURMA UNGGULAN . Ya, bibit kurma betina bisa diperoleh dari offshoot/tunas indukan betina, kultur jaringan indukan betina, atau seleksi ketat dari semaian biji (kurji).

Di negara-negara yang sudah berabad-abad membudidayakan kurma seperti di timur tengah, mudah saja jika ingin menanam kurma betina. Cukup cari tunas/anakan induk betina, cangkok, potong, dan tanam. Itu karena ada jutaan batang pohon kurma sehingga mudah saja mencari sununya. Harga sunu kurma bisa sangat murah atau bahkan gratis.

Beda halnya dengan negara yang belum mempunyai budidaya kurma dalam skala besar. Mencari bibit kuljar memerlukan biaya yang tak sedikit. Tak jarang, si bibit masih memerlukan adaptasi dengan iklim setempat misal Indonesia. Ini karena bibit kurma kuljar tidak diproduksi di Indonesia. Kebanyakan bibit kurma kuljar yang masuk ke Indonesia adalah produksi Date Palm Developments (DPD) Inggris. Ada juga produksi AlWathba Marionnet namun belum sebanyak produksi lab Kultur jaringan DPD yang masuk ke Indonesia.

Menanam dari biji tak kalah menantangnya. Terlebih dalam menentukan bibit kurma betina agar bisa berbuah di Indonesia. Berbagai Teknik morfologi bibit kurma betina, masih bersifat prediksi. Masih harus menunggu bunga untuk memastikan ke-betina-annya. Padahal diperlukan waktu beberapa tahun menunggu bunga keluar.

Bibit Kurma asal Biji pun Tak Kalah

Pegiat kurma yang memulai dari semaian biji, mencoba berbagai cara dan teori untuk mencari bibit kurma betina dan bisa berbuah lebat. Bibit kurji pun tak selamanya jelek karena cara pemuliaan tanaman paling sederhana adalah dengan mengambil buah unggulan secara terus menerus dipadukan dengan perawatan yang tepat. Karena memang setiap pohon yang ditanam dari biji umumya terjadi penyimpangan sifat dari induknya.

Pemuliaan tanaman buah secara alami kira-kira begini penjelasannya. Setiap panen, dicari buah yang besar dan manis rasanya. Semai lagi, ketika panen pilih lagi buah yang besar dan manis. Begitu seterusnya sehingga diperoleh bibit pohon unggulan, buahnya besar dan manis rasanya.

Hal yang sama bisa dipraktekkan di pohon kurma agar berbuah lebat. Cari biji dari pohon yang berbuah lebat, terus menerus setiap kali panen. Cara ini memang membutuhkan waktu namun bukan berarti produksinya tak sebanding dengan bibit kurma asal offshoot /sunu atau kuljar.

Melihat faktanya, tak sedikit pohon kurma berbuah di Indonesia buahnya lebat meski berasal dari biji/kurji. Membeli bibit kurma berumur 3 tahun keatas dengan ukuran batang yang besar harganya mencapai 2 jutaan. Apalagi yg pernah keluar bunga dan betina, bisa mencapai 4 juta. Bisa dibayangkan berapa harga pohon kurma betina yang pernah berbuah dengan tinggi 2meter, tak kurang dari 15 juta.

Jika berat di harga-harga yang fantastis itu, tak ada salahnya Anda mencoba metode TERMUDAH dan TERMURAH mencari bibit kurma betina. Tes DNA kurma adalah salah satunya, untuk mencari bibit pohon kurma yang bisa berbuah.

Eksperimen Ciri Pohon Kurma Betina dan Tes DNA

Berikut adalah percobaan perdana pengujian tes DNA bibit kurma dengan pengamatan ciri fisik terlebih dahulu bibitnya. Dengan prediksi perkiraan betina, agar pengujian bisa memperoleh mayoritas betina. Pengujian gender kurma jantan/betina dengan tes DNA disarankan saat usia bibit sekitar 6 bulan atau sudah keluar daun setidaknya 3-4 lembar. Diperlukan 2 lembar daun untuk tes DNA, sehingga masih ada daun tersisa dan tidak gundul.

Pengamatan fisik bibit perhatikan pada bonggol dan pola tulang daunnya menggunakan teori P1P2. Cari bonggol yang berbentuk seperti pinggul. Orientasi pelepah agak rebah tidak terlalu menunjuk ke atas. Begitu kira-kira ciri fisik yang diprediksi betina. Satu lagi, perhatikan pola tulang daunnya, cari yang dominan P1 karena biasanya tidak seragam apakah P1 atau P2 semua.


Berikut adalah foto-foto bibit kurma asal biji (kurji) sebelum di tes DNA. Jenis kurma barhi/barhee fase tamr asal Madinah.

bibit kurma tes dna
Bonggol Bibit Kurma

biaya tes dna kurma
Pelepah 1: Daun Lembaran

bibit kurma tes dna
Pelepah 2: Daun Sejati dan Lembaran

jual bibit kurma jakarta
Pelepah 3: Daun Sejati
Pola tulang daun dominan P1

Dari pengujian tes DNA kurma diketahui bahwa bibit tersebut adalah betina. Alhamdulillah.. Penampakan pita juga bisa untuk memprediksi produktivitasnya kelak. Namun demikian, waktu yang akan menjawab apakah bibit ini benar-benar berbuah dan produktif. Layaknya makhluk hidup lain, ada yang tidak diijinkan berbuah/beranak meski betina. 

Meski berbayar, insyaallah tidak mengecewakan hasilnya. Kita asumsikan sekali pengujian biayanya 200ribu rupiah/batang maka 1juta rupiah bisa untuk tes DNA lima batang bibit. Setidaknya masih dibawah bibit kurma kuljar yang bisa mencapai Rp 1.250.000,-/ batang.

Begitulah Cara Mudah dan Murah Mencari Bibit Kurma Betina.

Wallahu a’lam.

Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Murah Mencari Bibit Kurma Betina"

Post a Comment