Kurma Ajwa Berbuah di Indonesia

Pegiat kurma tropis Indonesia semakin semangat. Berbagai bukti kurma berbuah di Indonesia semakin Nampak. Tidak hanya di daerah tertentu saja. Ini adalah salah satu contoh bahwa kurma jenis ajwa mulai berbunga di Lamandau, Kalimantan Tengah. Inilah salah satu bibit kurma unggulan, yakni kurma ajwa. 

Kurma (phoenix dactilyfera) yang aslinya berasal dari timur tengah awalnya banyak disangsikan oleh sebagian orang Indonesia. Setelah Thailand berhasil mengembangkan barulah berbondong-bondong orang melirik budidaya kurma. Semangatnya satu, swasembada kurma tropis Indonesia. 

Sebagaimana ditayangkan oleh pemiliknya di laman facebooknya Eko Tama Suhairi. Pola perawatan pun tak lupa disampaikan. Berikut catatan yang dibuat oleh pak Eko pada bibit kurma ajwa yang sedang berbunga: (1) Semai biji kurma jenis Ajwa, (2) Disemai pertengahan 2016, (3) Tanam ke lahan 2017, (4) Media tanam abu boiler dan tanah mineral, (5) Pupuk NPK 250 gram per 2 bulan, (6) Pruning pelepah 1 bulan sekali.
kurma ajwa berbuah di kalimantan
Eko Tama berpose dengan Kurma Ajwa miliknya
Inilah satu dari sekian banyaknya bukti nyata bahwa kurma bisa ditanam dan berbuah di Indonesia. Menurut beberapa literatur, cuaca/iklim di Indonesia menyebabkan kurma tidak bisa mencapai fase tamr (kurma kering) di pohon. Kelembaban di sebagian besar wilayah Indonesia tergolong tinggi sekitar 80%, berbeda dengan sekitaran timur tengah yang kelembaban udaranya sekitar 50%. 

Namun tak perlu khawatir karena buah kurma pun bernilai ekonomis meskipun buahnya masih berwarna hijau atau fase khalal. Banyak orang yang berburu kurma muda untuk program kesuburan. Jika mau membudidayakan kurma yang manis di fase khalal, bisa memilih jenis kurma barhi, khalas, Rotana, fard, umm firokh, ummud dahn, dll yang dikenal sudah manis di fase mengkal. Soal tingkat rasa manis dan kandungan air, kurma barhi yang paling banyak. Maka tidak aneh jika bibit kurma barhi banyak dicari. 

Kurma barhi banyak dibudidayakan di luar arab seperti di Namibira, Sudan, India, Thailand, dan Indonesia. Jika Anda ingin bisa panen kurma dari kebun sendiri, yuk segera saja dimulai seperti pak Eko ini. Jika bingung mau mulai dari mana, silakan hubungi kurmaland.

Keunggulan kurma Ajwa

Bibit kurma Ajwa bisa diperoleh dari biji, kultur jaringan, atau offshoot/anakan dari induk kurma. Kurma Ajwa boleh dibilang sangat istimewa karena inilah jenis kurma yang sering dikonusmsi dan sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana hadits-hadits berikut:
kurma ajwa berbuah di bekasi
Kurma Ajwa berwarna merah saat fase Khalal-Ruthob

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda. 

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ 

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash
kurma ajwa berbuah di aceh
Kurma Ajwa berwarna hitam saat fase Tamr/kurma kering

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah: “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri” (Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalany (X/239), cet. Daar Abi Hayyan 1416H

Yuk, mencari berkah dengan menanam kurma dimulai dengan bibit kurma unggulan.
Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurma Ajwa Berbuah di Indonesia "

Post a Comment