Mengenal Kurma Ajwa alias Kurma Nabi

Bibit kurma ajwa termasuk yang banyak dicari dan diburu pecinta kurma, baik untuk sekedar hobi, pembibitan, hingga budidaya skala kebun. Sebut saja untuk dijadikan kebun kurma ajwa tropis asli Indonesia.

Kurma Ajwa memang istimewa, meski rasanya tidak terlalu manis namun banyak keutamaan yang disebut secara tekstual dalam banyak hadits menjadikanya istimewa. Bahkan disebut juga kurma nabi. Bagaimana caranya memperoleh bibit kurma ajwa di Indonesia? Simak sampai selesai tulisan ini.

Banyak pembibit dan penjual bibit kurma ajwa tersebar di berbagai propinsi di Indonesia. Salah satunya kami bisa bantu mencarikannya, baik bibit yang masih kecil atau pohon kurma yang sudah besar.

Perlu diketahui khususnya bagi pemula, bahwa pohon kurma ada yang jantan dan betina. Jangan sampai salah beli, jika berniat dicari buahnya pastikan membeli yang betina. Perlu anda kenali cara membedakan bibit pohon kurma betina dan jantan.

Cara menanam kurma betina/jantan paling mudah dan murah adalah dari biji kurma yang kita makan. Kenali dengan baik ciri buah kurma ajwa asli. Sebab, masih ada yang menyangka kurma ajwa padahal bukan. Untuk itu, kenali dengan baik ciri-cirinya.

Kurma ajwa tamr (kurma kering) nya berwarna hitam dengan hiasan motif garis di permukaannya. Mirip kulit semangka yang ada motif di kulitnya. Tekstur kurma ajwa lembut, bisa dibilang pulen, tidak legit sehingga tidak bikin eneg. Fase khalal/ruthob kurma ajwa berwarna merah marun. 

Cara Menanam Kurma Ajwa

Cara menanam paling awal adalah dengan menyemai bijinya. Perlu beberapa perlakukan agar penyemaian berhasil diatas 90%. Selengkapnya bisa di baca Cara Menanam Kurma dari Biji. Berikutnya adalah dari tunas/anak/sunu/offshoot. Pembibitan dari biji sudah tidak dilakukan oleh negara utama produsen kurma karena tidak diketahui pasti cara membedakan kurma jantan betina jika tanam dari biji.

Perbanyakan pohon kurma ajwa dengan efisien bisa mengunakan bibit kurma offshoot/anakan dari induk betina. Jika sudah punya kebun sendiri maka tinggal dicari saja pohon yang sudah keluar sunu, jika umurnya sekira 3th, berat diatas 12kg, sudah ada akarnya bisa dipisahkan dari induknya.

Keuntungan memperbanyak dan merawat sunu kurma ajwa adalah kejelasan genetikanya, sudah jelas betina jika induknya betina. Kalo mau lebih bagus lagi bisa cari indukan yg super, produksi banyak, kualitas buahnya bagus. Namun jika belum ada, bisa dengan mmebeli sunu kurma ajwa. Hitung-hitungan waktu, menanam tunas/sunu kurma bisa mengirit waktu beberapa tahun jika dibanding dari biji.

Bibit kurma kultur jaringan (kuljar) saat ini banyak dikembangkan dan ditanam oleh pekebun besar. Keunggulan bibit kurma kuljar ini adalah kecepatan perbanyak dan genetiknya diyakini sama dengan induknya secara kualitas dan produksinya. Bibit kurma kuljar hanya bisa dibuat oleh lab khusus sehingga tidak mengherankan jika harga sebatang bibit kurma kuljar yang berumur enam bulan bisa diatas 1juta rupiah. 

Namun demikian, bibit kurma dari kuljar ini memiliki sisi-sisi yang harus diawasi ketat agar pohon bisa bertahan. Secara imunitas, ketahanan bibit asal biji (kurji) lebih kuat dari bibit kuljar. Diantara ketahanan direndam air, adaptasi dengan lingkungan baru, hama, dan tingkat stress saat dipindah. Bibit kurma ajwa papaun yang anda pilih, sebaiknya benar-benar dipertimbangkan dengan masak.

Cara Membedakan Kurma Ajwa Jantan dan Betina

Secara turun-temurun, ada teori morfologi untuk membedakan kurma ajwa jantan dan betika dengan mengenali cirinya. Namun perlu disadari bahwa akurasinya tidak 100%. Ada bibit kurma yang diyakini jantan dari ciri fisik ternyata betina. Pun sebaliknya.

Diantaranya perbedaan ciri fisik yang banyak dijadikan patokan adalah bentuk daun kurma betina, susunan daun kurma betina di pelepahnya, pola duri kurma betina, warna pangkal pelepah kurma betina, dan orientasi pelepah daun kurma betina yang konon lebih melambai dari kurma jantan. 

Cara terbaru melihat ciri fisik kurma betina dan jantan adalah dengan pola P1 P2 di ujung daunnya. Sebaiknya menggunakan daun yang masih lembaran karena cenderung konsisten daun satu dan lainya. Bisa di baca Pola P1 P2 untuk Membedakan Kurma Jantan dan Betina.

Jika masih penasaran juga dengan ciri fisik, bisa diuji dengan tes DNA. Taruhlah ada 100 sample yang sudah dieleksi, di tes DNA biasanya akan ketahuan berapa banyak yang prediksinya tepat. Satu hal penting yang harus diperhatikan, jangan buru-buru menunggu bunga pertama keluar tapi besarkan dulu batangnya agar siap menyangga kurma yang banyak. Istilahnya adalah fase vegetatif. Baru ketika umur sekitar 4 tahun dengan diameter 50an cm, bisa dipacu agar keluar bunganya. Syukur bisa banyak.

Gambar Kurma Ajwa

Kurma Ajwa Muda Fase Khalal-Ruthob
Biji Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Pohon Kurma Ajwa Besar

Harga Kurma Ajwa

Harga kurma di Indonesia bervariasi dari 25ribu per kg hingga 500rb per kg. Harga kurma ajwa tergolong tinggi bisa sampai 500rb/kg yang ukuran jumbo. Kurma ajwa rata-rata dipasarkan 280ribu-350ribu per kg. 

Kenapa kurma ajwa mahal? Tidak bisa dipungkiri bahwa kurma ajwa banyak disebut di hadits dengan sederet keutamaanya. Karena inilah harga kurma ajwa menjadi istimewa.

Itulah sekilas mengenal kurma ajwa dari pembibitan hingga harga jualnya. Silakan di share jika dirasa bermanfaat. Bibit kurma ajwa.

Terimakasih telah mengunjungi Kurmaland, bersama mengembangkan budidaya Kurma Tropis Indonesia. Konsultasi Budidaya dan Agrowisata Kurma hubungi 087881793730.

Subscribe to receive free email updates: